Posted by : roman Kamis, 29 Mei 2014

unik ramadhan

Ehem, good…..ehem, good….. ehem, good #ApaSih
Ga terasa ya sebulan lagi udah mau masuk bulan ramadhan di tahun 2014 ini. Alhamdulillah ya pemirsa.
Teman-teman pasti ngerasa tiap bulan Ramadhan pasti ada hal-hal yang beda dari bulan-bulan biasanya. Pasti iya, kan? Hayo ngaku! Ga ngaku ntar gue laporin hansip biar diajak main catur.
Oke gais, di bawah ini gue bakalan ngebahas hal-hal unik yang bakalan muncul ketika bulan ramadhan. Disimak ya…
1.    Bangunin orang buat sahur
Ini dia kegiatan yang rutin bakal kita jumpain tiap subuh. Sebenarnya bukan jumpain sih, cuma kita dengerin.  Pokoknya saban subuh pasti deh kita denger si tukang bangunin ngoceh “Sahur, sahur, sahuuuuuuur”. Ga ada alasan buat kita marah sama si tukang  bangunin walaupun mukanya kayak Andhika K*ngen Band. Eh, maksud gue suaranya. Soalnya tujuannya baik, supaya yang mau puasa bisa bangun.
bangun sahur

2.    Main Petasan.
“Doooor-doooor. Bletak. Duag. Nyoy-nyoy. Jegeeeeeeeeer” begitulah bunyi. Entah kenapa tiap ramadhan pasti ada aja yang main petasan. Mulai dari anak kecil sampe bapak-bapak labil suka main petasan. Kenapa ya main petasan? Itu gara-gara ada yang jual petasan. Kenapa jualan petasan? Ya supaya dapat duit lah. Kenapa yang dijual petasan? Mana gue tau, coba lo tanya aja sama penjualnya.
bapak-bapak labil
Petasan Bapak-bapak Labil

3.    Iklan makanan dan minuman yang menguji kesabaran.
Nah, kalau yang ini yang paling bisa bikin batal puasa. Apalagi buat yang suka nonton tv. Contohnya kayak gini. Pas lagi asik-asik nonton film, eh kepotong sama iklan bocah minum sirup. Ketahuan deh si bocah kaga puasa. Kurang ajar banget. Pengen gue lempar tuh bocah, tapi gue ingat lagi puasa, jadi sabar. Sampai kapan sabarnya? Sampai waktunya buka puasa, baru gue lempar tuh bocah #kidding.
sirup
Iklan Sirup

4.    Banyak yang jualan Takjil.
Apa itu takjil? Takjil itu pangangan buat buka puasa. Nah, ini yang pasti yang dicari-cari orang yang sedang berpuasa. Pengennya makan yang manis-manis buat bukaanya. Contohnya kaya kurma, cendol, kolak, kue lapis, bingka dan masih banyak lagi kalo gue sebutin. Ini peluang yang banyak orang manfaatkan saat momen puasa, berjualan takjil. Kalo dikota gue sih biasanya pas bulan puasa bakalan dibuat tempat khusus buat pedagang takjil. Di sana mereka akan menyuguhkan beraneka ragam panganan yang menggugah selera. Hmmmm, nyami.
buka puasa

5.    Ngabuburit.
Ini istilah yang paling ngetren saat bulan puasa. Ngabuburit bisa diartikan sebagai kegiatan mengisi waktu luang sembari menunggu waktu buka puasa tiba. Biasanya sih dilakuinnya pas menjelang magrib. Soalnya kalo dilakuin pas subuh kelamaan nunggu bedugnya. Kegiatan buat ngabuburit ini banyak macamnya. Sama kaya pembahasan takjil di atas, banyak kalo gue sebutin.  Contoh kegiatan ngabuburit, seperti nonton tv, nongkrong bareng teman-teman, jalan-jalan, jalan ditempat, jalan sambil naik motor, motornya jalan kita nonton tv di rumah #IniGimana? Tapi bagusnya ngabuburit itu diisi dengan kegiatan yang menambah pahala, kaya tadarus, dengerin ceramah agama dan masih banyak lagi kalau gue sebutin.
jalan-jalan
Add caption

6.    Buka Bersama a.k.a BUKBER
Nah, ini yang paling gue tunggu-tunggu pas bulan puasa. BUKBER. Biasanya gue ngelakuin ini bareng teman-teman sekolah gue dulu, mulai dari teman sd, smp, sma sampe teman kuliah. Yah, itung-itung temu kangen dan sarana menjalin keakrabaan dengan sahabat lama.
bukber
Bukber teman-teman Alumni SMK


Ok, sekian dulu postingan gue ini. Semoga bulan Ramadhan nanti menjadi berkah buat teman-teman semua. Aamiin. See ya…



Komentarmu

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- © 2016 Ups...! Ini Roman, kan? - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Edited by Roman Hidayat -